Melangkah Maju: Memperkenalkan Inovasi "Sistem Informasi Tindak Lanjut Pemeriksaan (SITAMPAN) Inspektorat Daerah Kota Kotamobagu"
Diposting pada : 27 November 2023 / Dilihat : 56

Kota Kotamobagu, sebagai bagian dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, telah memasuki era baru dengan peluncuran Sistem Informasi Tindak Lanjut Pemeriksaan (SITAMPAN) oleh Inspektorat Daerah. Inovasi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) Inspektorat Daerah 

 
Sistem informasi ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan efektivitas tindak lanjut dari temuan-temuan hasil pemeriksaan tersebut, serta memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan sumber daya pemerintah daerah.
 
Dalam penggunaannya, sistem informasi ini mengintegrasikan berbagai informasi mengenai temuan hasil pemeriksaan, rekomendasi tindak lanjut, status pelaksanaan tindak lanjut, serta dokumen pendukung lainnya. Informasi tersebut kemudian ditampilkan dalam bentuk laporan atau dashboard yang mudah dipahami oleh pengguna.
 
Dalam hal ini, pemerintah daerah dapat memantau dan mengevaluasi tindak lanjut dari temuan hasil pemeriksaan dengan lebih efektif, sehingga dapat memperbaiki dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan dan sumber daya pemerintah daerah. Selain itu, sistem informasi ini juga dapat membantu mengidentifikasi Temuan Berulang agar dapat dilakukan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) untuk meminimalisir temuan yang sama terjadi di tahun-tahun berikutnya.
 
Dalam kesimpulannya, Sistem Informasi Tindak Lanjut Pemeriksaan (SITILA) dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan dan sumber daya pemerintah daerah, serta memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program dan kebijakan. (AR)